Kamis, 06 Januari 2011

buah perbuatan baik

oleh : Tim AndrieWongso.com
Jumat, 26-November-2010
Gelombang air bermula dari riak-riak air yang kecil yang menyebar ke mana-mana. Semakin besar gelombang air, semakin besar pula dampak dan pengaruhnya. Demikian juga "kebaikan". Kebaikan itu dimulai dari tindakan-tindakan pribadi dan juga menyangkut hal-hal yang kecil. Ketika kebaikan pribadi itu menyebar ke mana-mana, terjadilah gelombang kebaikan yang makin besar.


Suatu malam di sebuah kota di Philadelphia, AS, sepasang suami istri yang sudah tua masuk ke sebuah hotel kecil. Mereka bertanya kepada seorang resepsionis, "Masih ada kamar untuk kami berdua?"


Jawab si resepsionis, "Maaf, Pak. Penuh semua. Di kota ini kebetulan sedang ada tiga pertemuan besar, sehingga semua hotel penuh. Tetapi saya tidak mungkin menolak Bapak dan Ibu dan menyuruh pergi tengah malam begini, sementara di luar hujan dan badai. Kalau mau, Anda berdua boleh menginap di kamar saya. Saya akan segera membereskan kamar saya untuk Anda."


Pagi harinya, ketika hendak membayar, tamu itu berkata, "Kamu seharusnya bukan menjadi pegawai biasa begini melainkan menjadi manajer hotel besar bertaraf internasional! Mungkin kelak saya akan membangun hotel tersebut dan kamu menjadi manajernya."


Pemuda resepsionis itu melihat mereka dan tersenyum. Lalu, mereka bertiga tertawa.


Dua tahun berlalu. Si resepsionis hampir melupakan kejadian itu ketika ia menerima surat yang mengingatkannya pada malam hujan badai. Laki-laki muda ini juga diminta datang mengunjungi pasangan tua tersebut di New York. Terlampir, tiket pulang-pergi untuk si pemuda.


Di New York, laki-laki tua itu membawanya ke sudut Fifth Avenue and 34th Street. Lalu, ia menunjuk sebuah gedung baru yang megah disana, sebuah istana dengan batu kemerahan, dengan menara yang menjulang ke langit.

Gambaran Waldorf-Astoria Hotel, pada saat itu (Abad XIX)


"Itu," kata laki-laki tua, "adalah hotel yang baru saja saya bangun untuk dikelola olehmu."


"Anda pasti sedang bergurau," jawab laki-laki muda itu.


"Saya jamin, saya tidak bergurau," kata laki-laki tua itu, sambil tersenyum lebar.


Nama laki-laki tua itu adalah William Waldorf Astor dan struktur bangunan megah tersebut adalah Waldorf-Astoria Hotel. Laki-laki muda itu, adalah George C.Boldt.


Teman-teman yang Luar Biasa!!


Keramahan dan kebaikan resepsionis itu, untuk menerima tamu yang mengalami kesulitan di tengah malam, sebetulnya bukan perbuatan yang sulit untuk dilakukan. Semua orang sebetulnya bisa melakukannya. Apa sulitnya menyapa, menyalami dan menerima orang dengan senyum ramah? Apa sulitnya memperlakukan semua orang dengan kasih, kemurahan, dan rasa hormat?


Berbuat baik itu tidak rugi! Jangan malas berbuat baik, apalagi karena pesimis. Mari, mulai berbuat baik dari diri kita sendiri.

5 kesalahan dalam karier

: Tim AndrieWongso.com
Kamis, 11-November-2010
Bagaimana dengan karier yang kita jalani saat in? Sudah memuaskan, penuh tantangan, atau bahkan sering membuat kita tertekan? Jika yang terakhir yang kita hadapi, barangkali kita perlu memikirkan ulang - dan tentunya mengevaluasi secara keseluruhan - apa yang menyebabkan diri kita "terjebak" dalam situasi sedemikian rupa. Sebab, rasa tertekan, selain kadang disebabkan oleh beban kerja yang menumpuk, tapi banyak juga ternyata justru karena faktor diri yang sering kali "menumpuk" beban, seperti menunda pekerjaan, tak menuntaskan tugas yang diberikan, hingga terlalu banyak berfokus pada kesalahan dan bukannya mencari solusi.


Memang kepuasan dan kenyamanan bekerja justru acap kali kita sendiri yang menentukan. Sebab, pada dasarnya, jika diri sendiri sudah memiliki kemampuan untuk mengelola potensi, di mana pun dan kapan pun kita berada, pasti kita akan mampu menciptakan prestasi tersendiri. Sayangnya, ternyata, banyak orang - bahkan yang sudah berpengalaman sekali pun - sering melupakan hal-hal dasar dalam dunia kerja. Bahkan, kemudian "terjebak" dalam "tanjakan" yang membuatnya tak bisa naik ke puncak. Hal ini merupakan hasil riset yang dimuat di dalam Harvard Business Review beberapa waktu silam.


Dalam laporan tersebut, Boris Groysberg dan Robin Abrahams dari Harvard Business School telah melakukan wawancara terhadap lebih dari 400 konsultan riset dan 500 eksekutif pimpinan divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dari 15 perusahaan multinasional ternama. Dan ternyata, mereka menemukan LIMA kesalahan dasar yang masih sering - dan bahkan terus - dilakukan oleh para pekerja. Berikut adalah kesalahan-kesalahan dasar yang perlu kita sendiri hindari agar karier kita tidak berhenti di tengah jalan.


1. Kurang melakukan riset


Banyak orang pada saat akan pindah ke kantor baru, tidak melakukan riset tentang perusahaan di mana dia akan bekerja. Karena itu, meski kenaikan pangkat atau tingginya gaji telah didapat, tetapi faktor kenyamanan bekerja dan lingkungan kerja yang mendukung prestasi justru sangat minim. Akibatnya, kinerja pun malah berhenti dan tak bisa berkembang lagi.


Dalam hal ini, Groysberg yang juga asisten profesor di Harvard, menganjurkan kalau ingin pindah, lakukan seperti kita sedang berinvestasi. "Bukankah kala ingin berinvestasi ke pasar saham, kita perlu melakukan uji kelayakan terhadap perusahaan yang kita percayai?" sebutnya.


2. Meninggalkan pekerjaan lama hanya karena alasan gaji


Pindah pekerjaan karena alasan kenaikan gaji adalah hal klasik yang banyak orang lakukan. Sayangnya, sering kali meski pendapatan naik, tak disertai dengan peningkatan kesuksesan seperti diharapkan. Bahkan, kadang kala, ada nilai-nilai penting yang justru hilang saat berpindah kerja, misalnya pertemanan dengan relasi lama. Karena itu, pikirkan ulang jika hanya masalah gaji yang jadi alasan kepindahan.


3. Memilih hengkang "dari" daripada menuju "ke"


Kadang, saking putus asanya, orang tak berpikir ulang dengan pekerjaan lama. Akibat tekanan yang dirasakan, maka seseorang langsung memilih hengkang dan asal memilih pekerjaan lain. Nah, asal pindah dan asal menuju ke tempat baru ini kadang membuat orang sering kali kurang rasional dalam usahanya meningkatkan karier. Dalam hal ini, Abrahams yang juga seorang peneliti psikologi, menyarankan agar kita benar-benar mencari alasan yang tepat sebelum mencoba pindah kerja, "Benarkah sudah tidak ada kesempatan di kantor lama atau benarkah saya memang harus pergi?"


4. Percaya diri yang berlebihan


Meskipun kita merasa memiliki kelebihan, jangan terjebak dalam kesombongan. Sebab, baik saat tetap di perusahaan lama atau pun mencari tempat baru, jika percaya diri digunakan dengan berlebihan, bisa jadi akan membuat kita terperosok sendiri. Ingat, bahwa kompetisi sangat sengit. Bisa jadi, apa yang kita kuasai hari ini, tanpa belajar dan belajar lagi, akan jadi "usang" dengan munculnya orang lain yang lebih maju dalam penguasaan materi atau teknologi yang lebih baru lagi.


5. Berpikir jangka pendek


Banyak orang yang berpikiran pendek dalam hubungannya pada pekerjaan yang dijalani. Ada masalah sedikit mengeluh, ada kendala tertentu, langsung lari. Begitu juga saat mencoba pindah ke pekerjaan atau tempat yang baru, ada banyak orang yang kemudian tak berpikir panjang dengan langsung memutus hubungan di pekerjaan lama. Padahal, entah kapan, mantan bos, anak buah, atau pemilik perusahaan lama suatu kali bisa jadi klien, vendor, atau apa pun yang kemudian membuat seseorang berhubungan kembali dengan kantor atau orang lama yang dikenalnya. Jika tak hati-hati, pikiran pendek dan sempit yang dilakukan, suatu saat akan membuat seseorang mentok dalam berkarier.


_____________

5 hal unik dari podium penyerahan medali

oleh : Tim AndrieWongso.com
Senin, 15-November-2010
Medali pertama Indonesia di Asian Games 2010 Guangzhou dipersembahkan oleh atlet putri Ivana Ardelia Irmanto dari cabang Wushu, dengan medali perak. Selain mendapat kalungan medali, Ivana juga mendapat sebuah karangan bunga yang indah dan amat khas.


Karangan bunga itu memang menjadi sesuatu yang unik pada penyelenggarakan Asian Games ke-16 di Guangzhou itu. Sebenarnya tak hanya karangan bunga yang unik. Panitia di Guangzhou menyuguhkan lima hal unik dalam pemberian medali pada setiap juara dari seluruh cabang. Kelima hal unik itu adalah:


Medali

Medali yang diberikan memiliki gambar di dua mukanya. Bagian depan terdiri Emblem Dewan Olimpiade Asia dan bunga kapuk Guangzhou yang menyatu menjadi satu kesatuan organik. Keduanya dilingkari oleh naga menari dan elang menari yang diukir di atas lima cincin Olimpiade. Bagian belakang terdiri dari gambar Guangzhou dan sebuah perahu di laut.

Eko Yuli Irawan, dengan medali perunggu yang ia rebut di cabang angkat besi


Guangzhou merupakan tempat awal Jalan Sutera melalui laut dan telah menjadi pusat komersial penting dan pelabuhan di China Selatan dan jendela yang menghubungkan China dan dunia sejak zaman kuno.


Kostum

Kostum yang dikenakan pembawa medali dan pembawa karangan bunga dirancang sedemikian rupa sehingga tampak unik. Kostum yang dikenakan mereka dibuat dengan tema "Floating Clouds and Flowing Water" (Awan Mengambang dan Air Mengalir) terdiri dari paduan warna biru, hijau, dan kuning. Biru memberi simbol sungai mutiara sedangan hijau dan kuning menggambarkan masyarakat Guangzhou.


Karangan Bunga

Karangan bunga bertemakan "Haoyun Guangzhou" atau "Semoga sukses, Guangzhou". Karangan bunga ini terdiri dari sembilan bunga jengger merah (Celosia cristata) dan lima bunga gladiol merah.


Podium

Podiumnya bertemakan "Zhushui Chengxiang" atau "Sungai Muitara yang Menguntungkan". Podium ini dibuat dari akrilik yang didesain seolah air mengalir.


Baki

Baki memiliki tema "Peiyu Pan" atau "Baki Anting Permata". Bakinya berbentuk rata tanpa ada bagian tepi yang meninggi dan diberi semacam taplak yang di kedua ujungnya ada anting semacam medali. Desain baki ini akan menyatu dengan podiumnya karena sewarna.



obat terbaik adalah teman

oleh :Tim AndrieWongso.com
Rabu, 10-November-2010
Sejauh ini nasihat paling sahih untuk mengurangi stres adalah melakukan olahraga, meditasi, dan relaksasi. Tetapi ada nasihat yang sering dilupakan namun justru lebih penting untuk dilakukan yaitu menjaga relationship (hubungan baik dengan keluarga, teman, kerabat, dan lingkungan sosial lainnya).


Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa berteman dan menjaga hubungan baik dalam lingkungan sosial tak hanya berdampak pada kesehatan psikologis, tetapi berdampak juga pada kesehatan fisik. Menurut psikolog dari Amerika Serikat dan juga penulis buku Maia Szalavitz, setidaknya ia sudah mengumpulkan 48 hasil riset yang menunjukkan pentingnya bersosialisasi. Dari penelitian-penelitian itu, kata dia, orang-orang yang memiliki hubungan sosial baik (berteman, bermasyarakat, dan berorganisasi) memiliki peluang hidup 50% lebih baik dari mereka yang kurang baik hubungan sosialnya atau tak berinteraksi sosial. Peluang hidup lebih baik itu terjadi karena mereka yang berteman memiliki tingkat stres yang lebih rendah dibanding yang tidak bersosialisasi.


Maia menyebutkan, pada dasarnya kita sudah belajar mengendalikan stres dalam keluarga. Kasih sayang yang diberikan oleh kedua orangtua kita memberikan peran pada pengendalian stres itu, katanya. Sentuhan tangan orangtua pada anaknya bisa menurunkan stres anak. Bahkan, kata Maia, seseorang yang usianya sudah mencapai 80 tahun, ia akan mengalami penurunan tekanan darahnya karena tangannya dipegang oleh ibunya yang berusia 100 tahun. Ini menunjukkan bahwa, jalinan kasih sayang berperan besar pada kesehatan fisik seseorang, tidak hanya memiliki efek psikologis.


Sebaliknya, anak yang diperlakukan kedua orangtuanya dengan kasar, dengan pelan-pelan ia akan membangun stresnya sejak dini. Dan jika seorang anak sudah mendapatkan perlakukan kasar sejak kecil dan karena itu mengalami tingkat stres dengan ekstrim sejak anak-anak, ketika dewasa ia memiliki risiko lebih besar terkena penyakit tekanan darah tinggi, serangan jantung, diabetes, dan penyakit mental lainnya.


Untuk mengatasi ini, kata Maia, perlakuan keluarga yang baik dan penuh kasih sayang memiliki peran penting mengurangi atau memperbaiki kesehatan seseorang. Dan ketika beranjak dewasa, seseorang memiliki peluang untuk memperbesar lingkup sosialnya, karena selain di lingkungan keluarga, seseorang bisa membina hubungan sosial (pertemanan) di lingkungannya (bertetangga), di tempat kerja, organisasi dan sebagianya.


Oleh karena itu, kata Maia, selain pentingnya peran kasih sayang keluarga, peran teman jangan dianggap enteng dalam kesehatan seseorang. "Penelitian-penelitian itu menunjukkan bahwa memiliki banyak teman punya peran besar dalam tingkat kesehatan seseorang sehingga teman bukan sekadar teman (secara psikologis) tetapi juga menjadi obat terbaik untuk kesehatan (fisik) seseorang," tuturnya.

kecurangan dalam auditing

Secara umum kita mengetahui bahwa “Management is responsible for establishing, maintaining and monitoring a well-balanced control environment in the Corporation"

Mungkin banyak diantara kita sudah mengetahui bahwa pada Februari 1997, ASB (Auditing Standards Board) mengeluarkan Statement on Auditing Standards (SAS) Nomor 82 yang berjudul Consideration of Fraud in a Financial Statement Audit. guna mengklarifikasi tanggung jawab auditor dalam mendeteksi dan melaporkan kecurangan (fraud) yang terjadi dalam laporan keuangan. Kongkritnya tampak pada kalimat berikut ini:

Auditor bertanggungjawab untuk merencanakan dan melaksanakan audit guna mendapatkan keyakinan memadai bahwa laporan keuangan bebas dari salah saji material, baik yang disebabkan oleh kekeliruan maupun kecurangan.

Kata kuncinya adalah keyakinan memadai. Tingkat keyakinan ini jelas subjektif sifatnya namun apakah yang dimaksud dengan Fraud itu pada tingkat minimal tertentu haruslah merupakan kesepakatan bersama. Berikut ini adalah sedikit gambaran tentang Fraud.

Fraud (kecurangan) merupakan penipuan yang disengaja dilakukan yang menimbulkan kerugian tanpa disadari oleh pihak yang dirugikan tersebut dan memberikan keuntungan bagi pelaku kecurangan. Kecurangan umumnya terjadi karena adanya tekanan untuk melakukan penyelewengan atau dorongan untuk memanfaatkan kesempatan yang ada dan adanya pembenaran (diterima secara umum) terhadap tindakan tersebut.

Secara sederhana dua segitiga berikut ini dapat bercerita banyak tentang hubungan – hubungan yang mendorong terjadinya fraud

Segitiga Unsur Fraud Faktor Pemicu Fraud

Karakteristik Kecurangan

Dilihat dari pelaku fraud maka secara garis besar kecurangan bisa dikelompokkan menjadi dua jenis :

1. Oleh pihak perusahaan, yaitu :

a. Manajemen untuk kepentingan perusahaan, yaitu salah saji yang timbul karena kecurangan pelaporan keuangan (misstatements arising from fraudulent financial reporting).

b. Pegawai untuk keuntungan individu, yaitu salah saji yang berupa penyalahgunaan aktiva (misstatements arising from misappropriation of assets).

2. Oleh pihak di luar perusahaan, yaitu pelanggan, mitra usaha, dan pihak asing yang dapat menimbulkan kerugian bagi perusahaan.

Salah saji yang timbul karena kecurangan pelaporan keuangan

Kecurangan pelaporan keuangan biasanya dilakukan karena dorongan dan ekspektasi terhadap prestasi kerja manajemen. Salah saji yang timbul karena kecurangan terhadap pelaporan keuangan lebih dikenal dengan istilah irregularities (ketidakberesan). Bentuk kecurangan seperti ini seringkali dinamakan kecurangan manajemen (management fraud), misalnya berupa : Manipulasi, pemalsuan, atau pengubahan terhadap catatan akuntansi atau dokumen pendukung yang merupakan sumber penyajian laporan keuangan. Kesengajaan dalam salah menyajikan atau sengaja menghilangkan (intentional omissions) suatu transaksi, kejadian, atau informasi penting dari laporan keuangan.

Salah saji yang berupa penyalahgunaan aktiva

Kecurangan jenis ini biasanya disebut kecurangan karyawan (employee fraud). Salah saji yang berasal dari penyalahgunaan aktiva meliputi penggelapan aktiva perusahaan yang mengakibatkan laporan keuangan tidak disajikan sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum. Penggelapan aktiva umumnya dilakukan oleh karyawan yang menghadapi masalah keuangan dan dilakukan karena melihat adanya peluang kelemahan pada pengendalian internal perusahaan serta pembenaran terhadap tindakan tersebut. Contoh salah saji jenis ini adalah :

  • Penggelapan terhadap penerimaan kas.

  • Pencurian aktiva perusahaan.

  • Mark-up harga

  • Transaksi “tidak resmi”.

Dari penjelasan singkat di atas, hal yang menarik adalah dapat saja diklaim bahwa Fraud dengan sengaja dilakukan demi kepentingan perusahaan. Demi kredibilitas perusahaan pihak manajemen dengan sengaja melakukan katakanlah istilahnya Soft Fraud. Apakah tindakan ini benar? Akan timbul perdebatan yang sangat panjang dan tak berakhir, namun satu yang pasti : semuanya tergantung pada keyakinan yang memadai dari auditor. Jadi ? ( Alison, Internal Audit)

presentasi

PERTANYAAN


1. Mungkinkah masyarakat Ekuador mampu menuntut Texaco di pengadilan AS?
2. seandainya tumpahan minyak disebabkan oleh tindakan Tuhan, serta gempa bumi, apakah Texaco harus bertanggung jawab?
3. Apakah anda menemukan argumen Texaco mengenai melawan tuntutan hukum? mengapa dan mengapa tidak?

JAWABAN

1. Ya, ekuador harus menuntut texaco. Karena Texaco menghancurkan lebih dari 1 juta hectared hutan tropis, menumpahkan 74 juta liter minyak, dan teknologi usang digunakan yang menyebabkan pembuangan 18 juta liter limbah beracun. Jaringan aksi hutan hujan, sebuah organisasi san Fransisco berbasis, mengatakan efek termasuk produksi tanaman miskin di daerah bencana, invasi tanah suku, serangan seksual yang dilakukan oleh para pekerja minyak, dan hilangnya hewan buruan (yang akan memasok makanan bagi masyarakat adat).

2. Ya, texaco harus bertanggung jawab. Karena walaupun tumpahnya minyak bukan karena kesalahan procedur dalam pengelolaan minyak milik texaco, tetapi kerusakan lingkungan yang terjadi akibat tumpahnya minyak tersebut. Gempa bumi tidak akan menyebabkan keracunan limbah atau tanah yang terkontaminasi dan berbagai macam permasalahan lingkungan yang terjadi di ekuador, tapi semua itu terjadi karena tumpahnya 74 juta liter minyak.

3. Ya. Argumen texaco yang melawan tuntutan hukum pemerintah negara-negara yang bersatu antara lain :

· Texaco sudah melakukan Kegiatan yang sesuai dengan hukum Ekuador, dan standar industri minyak internasional.

· Kegiatan industri dilakukan oleh sebagian besar tenaga kerja Ekuador. Texaco percaya akan selalu bertindak untuk kepentingan masyarakat nya / negara.

· Semua investasi / operasi telah disetujui dan dipantau oleh pemerintah Ekuador dan Petroecuador.

· Semua kegiatan dilakukan dengan persetujuan dan pengawasan dari pemerintah Ekuador.

· Tindakan ramah lingkungan digunakan, seperti helikopter, bukan jalan.

· Kesehatan masyarakat Ekuador meningkat selama Texaco berdiri di Ekuador.

· Sembilan puluh delapan persen dari uang yang dihasilkan tinggal di Ekuador-50 persen dari GDP selama periode tersebut.

· Pekerjaan disediakan untuk 2.800.

· Uang diberikan untuk sekolah-sekolah.

· Perusahaan rekayasa independen tidak menemukan kerusakan abadi.

· Program pemulihan $ 40 juta mulai per satu perjanjian dengan pemerintah Ekuador.

· Pengadilan amerika serikat tidak boleh mengatur kegiatan di luar negeri.

presentasi

PERTANYAAN


1. Mungkinkah masyarakat Ekuador mampu menuntut Texaco di pengadilan AS?
2. seandainya tumpahan minyak disebabkan oleh tindakan Tuhan, serta gempa bumi, apakah Texaco harus bertanggung jawab?
3. Apakah anda menemukan argumen Texaco mengenai melawan tuntutan hukum? mengapa dan mengapa tidak?

JAWABAN

1. Ya, ekuador harus menuntut texaco. Karena Texaco menghancurkan lebih dari 1 juta hectared hutan tropis, menumpahkan 74 juta liter minyak, dan teknologi usang digunakan yang menyebabkan pembuangan 18 juta liter limbah beracun. Jaringan aksi hutan hujan, sebuah organisasi san Fransisco berbasis, mengatakan efek termasuk produksi tanaman miskin di daerah bencana, invasi tanah suku, serangan seksual yang dilakukan oleh para pekerja minyak, dan hilangnya hewan buruan (yang akan memasok makanan bagi masyarakat adat).

2. Ya, texaco harus bertanggung jawab. Karena walaupun tumpahnya minyak bukan karena kesalahan procedur dalam pengelolaan minyak milik texaco, tetapi kerusakan lingkungan yang terjadi akibat tumpahnya minyak tersebut. Gempa bumi tidak akan menyebabkan keracunan limbah atau tanah yang terkontaminasi dan berbagai macam permasalahan lingkungan yang terjadi di ekuador, tapi semua itu terjadi karena tumpahnya 74 juta liter minyak.

3. Ya. Argumen texaco yang melawan tuntutan hukum pemerintah negara-negara yang bersatu antara lain :

· Texaco sudah melakukan Kegiatan yang sesuai dengan hukum Ekuador, dan standar industri minyak internasional.

· Kegiatan industri dilakukan oleh sebagian besar tenaga kerja Ekuador. Texaco percaya akan selalu bertindak untuk kepentingan masyarakat nya / negara.

· Semua investasi / operasi telah disetujui dan dipantau oleh pemerintah Ekuador dan Petroecuador.

· Semua kegiatan dilakukan dengan persetujuan dan pengawasan dari pemerintah Ekuador.

· Tindakan ramah lingkungan digunakan, seperti helikopter, bukan jalan.

· Kesehatan masyarakat Ekuador meningkat selama Texaco berdiri di Ekuador.

· Sembilan puluh delapan persen dari uang yang dihasilkan tinggal di Ekuador-50 persen dari GDP selama periode tersebut.

· Pekerjaan disediakan untuk 2.800.

· Uang diberikan untuk sekolah-sekolah.

· Perusahaan rekayasa independen tidak menemukan kerusakan abadi.

· Program pemulihan $ 40 juta mulai per satu perjanjian dengan pemerintah Ekuador.

· Pengadilan amerika serikat tidak boleh mengatur kegiatan di luar negeri.

tugas paper

Texaco: Isu Ekuador

Pada tahun 1964, atas undangan pemerintah Ekuador, Texaco inc. memulai operasi melalui anak perusahaan, TexPet, di wilayah amazon Ekuador. Tujuan dari proyek ini adalah untuk "mengembangkan sumber daya alam Ekuador dan mendorong kolonisasi daerah ini." texpet adalah pemilik minoroty proyek dan mitra kerjanya adalah Petroecuador, yang compani minyak milik pemerintah.

Selama tahun sejak 1968 hingga 1992, konsorsium diekstrak 1,4 milyar barel minyak dari operasi Ekuador. Ekuador manfaat sangat selama periode ini. Ekuador menerima sekitar 98 persen dari semua uang yang dihasilkan oleh konsorsium dalam bentuk royalti, pajak, dan pendapatan. sama sekali, jumlah ini mewakili lebih dari 50 persen dari produk nasional bruto Ekuador selama periode itu.

Texpet operasi selama bertahun-tahun menyediakan lapangan kerja bagi 40 karyawan dan sekitar 2000 pekerja kontrak, sehingga menguntungkan hampir 3000. Keluarga Ekuador langsung, di samping ribuan warga Ekuador yang dipasok kebutuhan perusahaan untuk barang dan jasa. juga, texpet membuat kontribusi yang signifikan terhadap Guayaquil, Quito, dan politeknik Loja dan instituation lain pendidikan tinggi. minyak di-industri sumber kehidupan Ekuador tahun $ 1 milyar per yang bertanggung jawab atas 50 persen dari pendapatan ekspor dan 62 pf persen anggaran fiskal.

Sayangnya, masalah juga muncul. meskipun Petroecuador mengakuisisi 100 persen kepemilikan pipa transecuadorian pada tahun 1986, texpet masih menyumbang 88 persen dari seluruh produksi pipa minyak dan dioperasikan pada tahun 1987 ketika pecah dan dikuburkan oleh tanah longsor. Tumpahan dari 16,8 juta galon terjadi, yang Texaco disebabkan oleh gempa bumi besar yang melanda Ekuador.

Simak

Baca secara fonetik

Kamus - Lihat kamus yang lebih detail

Tumpahan ternyata terjadi juga meskipun Texaco menarik diri dari konsorsium pada tahun 1992 secara keseluruhan (setelah mengundurkan diri untuk menjadi mitra minoritas diam pada tahun 1990), tiga tuntutan yang diajukan terhadap dalam aquinda-bersatu menyatakan (November 1993), sequihua yang (Agustus 1993), dan Jota (dalam 19940. pribumi yang meluncurkan tuntutan hukum menuduh bahwa, selama dua dekade pengeboran minyak di amazon itu, Texaco membuang lebih dari 3000 galon minyak mentah sehari-jutaan galon total-ke lingkungan. Masyarakat adat mengatakan sungai mereka, sungai, dan danau sekarang terkontaminasi, dan ikan dan liar game yang pernah dibuat pasokan makanan mereka sekarang hancur tanya mereka. Dalam gugatan yang Texaco kompensasi mereka dan membersihkan perairan landand mereka.

Aquinda maria mengatakan bahwa bentuk air yang terkontaminasi sumur minyak di dekatnya dibor oleh anak perusahaan Texaco menyebabkan dia menderita ilments perut kronis dan ruam yang dapat ia kehilangan sejumlah babi dan ayam. aquinda dan 76 warga Amazon lainnya mengajukan gugatan $1.500.000.000 di New York terhadap Texaco. Gugatan class action, mewakili 30.000 orang, lebih lanjut menuduh Texaco yang bertindak "dengan mengabaikan berperasaan untuk kesehatan, kesejahteraan, dan keselamatan dari penggugat" dan bahwa "skala besar pembuangan limbah berbahaya tidak diobati dan perusakan habitat hutan hujan tropis, merugikan masyarakat adat dan harta benda mereka, "menurut tindakan kelompok Ekuador lingkungan hidup ekologis, Texaco menghancurkan lebih yang 1 juta hectared hutan tropis, menumpahkan 74 juta liter minyak, dan teknologi usang digunakan yang menyebabkan pembuangan 18 juta liter limbah beracun. Jaringan aksi hutan hujan, sebuah organisasi san Fransisco berbasis, mengatakan efek termasuk produksi tanaman miskin di daerah bencana, invasi tanah suku, serangan seksual yang dilakukan oleh para pekerja minyak, dan hilangnya hewan buruan (yang akan memasok makanan bagi masyarakat adat).

Audit dilakukan untuk mengatasi dampak operasi pada tanah, air, dan udara dan untuk menilai kepatuhan terhadap undang-undang lingkungan, peraturan, dan praktek yang berlaku umum operasi. dua diakui secara internasional dan perusahaan konsultan independen, AGRA bumi & lingkungan. dan Ekskutif di Fugro-McClelland, melaksanakan audit di Ekuador. Masing-masing secara independen menyimpulkan bahwa texpet bertindak secara bertanggung jawab dan bahwa tidak ada dampak lingkungan abadi atau signifikan dari operasi bekas. Meskipun demikian, texpet setuju untuk memperbaiki dampak yang terbatas dan lokal disebabkan operasinya. pada 4 Mei 1995, menteri Ekuador energi dan tambang, presiden Petroecuador, dan texpet sidned kontrak untuk melaksanakan pekerjaan perbaikan lingkungan dan pelepasan dari kewajiban, tanggung jawab, dan klaim berikut negosiasi dengan pejabat pemerintah Ekuador mewakili kepentingan kelompok-kelompok adat di Oriente tersebut. dalam upaya pemulihan, memproduksi sumur dan lubang sebelumnya digunakan oleh texped ditutup, menghasilkan sistem air telah diubah, dibersihkan tanah tersebut ditanam kembali, dan tanah terkontaminasi adalah direhabilitasi.

Semua tindakan yang diambil telah diperiksa dan disertifikasi oleh pemerintah Ekuador. Tambahan, texped mendanai program-program sosial dan kesehatan di seluruh wilayah operasi, seperti apotik medis dan limbah dan sistem air minum. Kontrak yang melunasi seluruh klaim oleh Petroecuador dan Republik Ekuador melawan afiliasi untuk semua hal yang timbul dari operasi konsorsium.

Pada musim panas 1998, proyek remediasi $ 40 juta diselesaikan, pada 30 September 1998, Ekuador menteri energi dan pertambangan, presiden Petroecuador, dan manajer umum petroproduccion menandatangani rilis final klaim dan pengiriman peralatan. Dokumen ini menyelesaikan persetujuan pemerintah Ekuador pekerjaan rehabilitasi lingkungan texpet dan lebih lanjut menyatakan bahwa texpet sepenuhnya mematuhi seluruh kewajiban yang ditetapkan dalam perjanjian remediasi ditandatangani pada tahun 1995.

Sementara itu, di negara-negara bersatu, Texaco membuat argumen berikut melawan tiga tuntutan hukum:

§ Kegiatan yang sesuai dengan hukum Ekuador, dan standar industri minyak internasional.

§ Kegiatan yang dilakukan oleh sebagian besar tenaga kerja-yang Ekuador Texaco percaya akan selalu bertindak untuk kepentingan masyarakat nya / negara.

§ Semua investasi / operasi telah disetujui dan dipantau oleh pemerintah Ekuador dan Petroecuador.

§ Semua kegiatan dilakukan dengan andapproval pengawasan dari pemerintah Ekuador.

§ Tindakan ramah lingkungan digunakan, seperti helikopter, bukan jalan.

§ Kesehatan Ekuador meningkat selama Texaco tahun adalah di Ekuador.

§ Sembilan puluh delapan persen dari uang yang dihasilkan tinggal di Ekuador-50 persen dari PDB selama periode tersebut.

§ Pekerjaan disediakan untuk 2.800

§ Uang diberikan untuk sekolah-sekolah.

§ Perusahaan rekayasa independen tidak menemukan kerusakan abadi.

§ Program pemulihan $ 40 juta mulai per satu perjanjian dengan pemerintah Ekuador.

§ Pengadilan tidak boleh mengatur kegiatan di luar negeri.

Tiga tuntutan hukum dipecat untuk sama-sequihua alasan pada tahun 1996, dan Jota pada tahun 1997. Gugatan aquinda, misalnya, diluncurkan di New York (dimana Texaco memiliki kantor pusat badan) karena Texaco tidak lagi memiliki bisnis di Ekuador dan tidak bisa digugat di sana. kasus ini ditolak oleh pengadilan New York pada November 1996 atas dasar bahwa hal itu harus didengar di Ekuador. gagal itu, pemerintah harus Ekuador telah terlibat dalam kasus tersebut juga, atau bahwa kasus harus telah diajukan terhadap pemerintah dan Petroecuador milik negara serta Texaco. Pada saat itu pemerintah Ekuador tidak terlibat dan mengajukan banding atas keputusan tersebut. ini adalah pertama kalinya pemerintah asing telah menggugat sebuah perusahaan minyak AS di Amerika Serikat untuk kerusakan lingkungan. selain itu, pada tahun 1997, para penggugat dalam aquinda dan kasus-kasus Jota juga mengajukan banding keputusan pengadilan distrik tersebut.

Pada 5 Oktober 1998, pengadilan banding AS dikirim kembali kedua kasus ke pengadilan distrik untuk dipertimbangkan lebih lanjut pada apakah mereka harus procced di Ekuador atau amerika serikat. pengajuan tertulis diajukan pada 1 Februari 1999. Texaco telah lama berpendapat bahwa tempat yang tepat untuk kasus ini adalah karena Ekuador penghasil minyak operasi berlangsung di Ekuador di bawah kontrol dan pengawasan pemerintah Ekuador dan pengadilan Ekuador telah mendengar kasus serupa terhadap perusahaan lain. itu adalah posisi Texaco bahwa US pengadilan shouold tidak mengatur kegiatan negara-negara bersatu. pada kenyataannya, Texaco mengklaim duta Ekuador, perwakilan resmi pemerintah Ekuador, dicatat dalam sebuah surat kepada pengadilan distrik bahwa Ekuador tidak akan membebaskan kekebalan kedaulatannya.

Meskipun argumen Texaco, kasus itu dikirim kembali ke pengadilan yang melemparkannya keluar, atas dasar bahwa pemerintah Ekuador memang memiliki hak untuk campur tangan. pertanyaan apakah kasus tersebut bisa dicoba di Amerika Serikat atau Ekuador dalam keadaan sekarang akan diputuskan. Texaco mengklaim bahwa ia telah melakukan yang memadai untuk memperbaiki kerusakan apapun dan sengketa keabsahan ilmiah dari klaim amazonians (atau pendukung mereka) tampaknya memiliki sumber daya untuk terus memerangi ini gugatan di pengadilan.

PERTANYAAN

1. Mungkinkah masyarakat Ekuador mampu menuntut Texaco di pengadilan AS?

2. Seandainya tumpahan minyak disebabkan oleh tindakan Tuhan, serta gempa bumi, apakah Texaco harus bertanggung jawab?

3. Apakah anda menemukan argumen Texaco mengenai melawan tuntutan hukum? mengapa dan mengapa tidak?

JAWABAN

1. Ya, ekuador harus menuntut texaco. Karena Texaco menghancurkan lebih dari 1 juta hectared hutan tropis, menumpahkan 74 juta liter minyak, dan teknologi usang digunakan yang menyebabkan pembuangan 18 juta liter limbah beracun. Jaringan aksi hutan hujan, sebuah organisasi san Fransisco berbasis, mengatakan efek termasuk produksi tanaman miskin di daerah bencana, invasi tanah suku, serangan seksual yang dilakukan oleh para pekerja minyak, dan hilangnya hewan buruan (yang akan memasok makanan bagi masyarakat adat).

2. Ya, texaco harus bertanggung jawab. Karena walaupun tumpahnya minyak bukan karena kesalahan procedur dalam pengelolaan minyak milik texaco, tetapi kerusakan lingkungan yang terjadi akibat tumpahnya minyak tersebut. Gempa bumi tidak akan menyebabkan keracunan limbah atau tanah yang terkontaminasi dan berbagai macam permasalahan lingkungan yang terjadi di ekuador, tapi semua itu terjadi karena tumpahnya 74 juta liter minyak.

3. Ya. Argumen texaco yang melawan tuntutan hukum pemerintah negara-negara yang bersatu antara lain :

· Texaco sudah melakukan Kegiatan yang sesuai dengan hukum Ekuador, dan standar industri minyak internasional.

· Kegiatan industri dilakukan oleh sebagian besar tenaga kerja Ekuador. Texaco percaya akan selalu bertindak untuk kepentingan masyarakat nya / negara.

· Semua investasi / operasi telah disetujui dan dipantau oleh pemerintah Ekuador dan Petroecuador.

· Semua kegiatan dilakukan dengan persetujuan dan pengawasan dari pemerintah Ekuador.

· Tindakan ramah lingkungan digunakan, seperti helikopter, bukan jalan.

· Kesehatan masyarakat Ekuador meningkat selama Texaco berdiri di Ekuador.

· Sembilan puluh delapan persen dari uang yang dihasilkan tinggal di Ekuador-50 persen dari GDP selama periode tersebut.

· Pekerjaan disediakan untuk 2.800.

· Uang diberikan untuk sekolah-sekolah.

· Perusahaan rekayasa independen tidak menemukan kerusakan abadi.

· Program pemulihan $ 40 juta mulai per satu perjanjian dengan pemerintah Ekuador.

· Pengadilan amerika serikat tidak boleh mengatur kegiatan di luar negeri.

ANALISIS

Menurut kelompok kami, hal ini merupakan sebuah kasus pelanggaran yang telah dilakukan oleh sebuah perusahaan terutama dalam aspek pencemaran lingkungan. Jika dilihat dari sisi masyarakat sekitar, tentu pencemaran ini sangat merugikan bagi kelangsungan hidup mereka, karena sungai-sungai tempat mereka mencari makan dan beraktivitas kini telah tercemar oleh limbah perusahaan Texaco inc. Memang perusahaan ini tadinya mempunyai maksud dan tujuan yang baik yaitu mereka ingin mengembangkan sumber daya alam Ekuador dan mendorong kolonosasi wilayah ini, tetapi mereka kurang memikirkan secara detail mengenai aspek-aspek penting yang sekiranya bisa merugikan pihak lain terutama dalam aspek lingkungan. Pemilihan Simak

Baca secara fonetik

Simak

Baca secara fonetik

Kamus - Lihat kamus yang lebih detail

Simak

Baca secara fonetik

Kamus - Lihat kamus yang lebih detail

Simak

Baca secara fonetik

Kamus - Lihat kamus yang lebih detail

lokasi peambangan yang baik seharusnya tidak melibatkan pihak masyarakat. Lapangan pekerjaan yang sekiranya diperuntukkan masyarakat sekitar malah membuat petaka yang besar terhadap lingkungan tersebut.

Pengolahan sumber daya alam khususnya pengeboran minyak yang dilakukan oleh perusahaan Texaco Inc kurang memilih peralatan yang baik untuk melakukan pengeboran tersebut. Pencemaran yang terjadi murni akibat kecerobohan pekerja tambang, peralatan tambang yang sudah tidak layak pakai, tersebut dan bukan disebabkan oleh bencana alam. Pencemaran ini membuat kontaminasi terhadap sungai-sungai dan danau di Amazon. Masyarakat menuntut perusahaan tersebut agar bertanggung jawab terhadap pencemaran yang dilakukannya tersebut.

Sebuah organisasi san Fransisco mengatakan bahwa produksi tanaman di daerah menjadi sedikit, invasi tanah masyarakat, banyaknya peleceahan seksual yang dilakukan oleh para pekerja minyak, dan hilangnya hewan ternak yang diburu oleh pekerja tambang tersebut. Ekskutif di Fugro-McClelland, melaksanakan audit di Ekuador. Audit dilakukan untuk mengatasi dampak operasi pada tanah, air, dan udara dan untuk menilai kepatuhan terhadap undang-undang lingkungan, peraturan, dan praktek yang berlaku umum dalam operasi. Hal ini diakui secara internasional oleh perusahaan konsultan independen, AGRA bumi & lingkungan.

Masing-masing secara independen menyimpulkan bahwa Texaco Inc. bertanggung jawab atas semua kerugian dan menyatakan bahwa tidak ada dampak lingkungan panjang atau signifikan dari bekas operasi tersebut.SBaca secara fonetikSimakBaca secara fonetiKamus - Lihat kamus yang lebih detailSimakBaca secara fonetik

Kamus - Lihat kamus yang lebih detail

Simak

Baca secara fonetik

Kamus - Lihat kamus yang lebih detail

langkah-langkah auditor

Langkah - Langkah Auditor

Arens et al (2003) menyatakan bahwa audit dilakukan oleh orang yang kompeten, independen dan obyektif atau disebut sebagai auditor. Berdasarkan kelompok atau pelaksana audit, auditor dibagi 3 jenis yaitu:

1) Auditor ekstern/independent bekerja untuk kantor akuntan publik yang statusnya diluar struktur perusahaan yang mereka audit. Pada umumnya, auditor ekstern menghasilkan Laporan Hasil Audit atas Laporan Keuangan.

2) Auditor intern bekerja untuk perusahaan yang mereka audit. Laporan Hasil Audit Operasional/Manajemen umumnya berguna bagi manajemen perusahaan yang diaudit dalam melakukan perbaikan kinerja perusahaan. Oleh karena itu tugas internal auditor biasanya adalah audit operasional/manajemen.

3) Auditor Pemerintah yaitu auditor yang bekerja untuk kepentingan pemerintah, misalnya di bidang perpajakan atau audit terhadap dana-dana yang bersumber dari pemerintah.

Seorang auditor dikatakan profesional jika dalam bekerja selalu berpedoman pada Standar Audit. Dalam standar umum khususnya disebutkan bahwa auditor harus ahli, trampil dan mempunyai kehati-hatian profesional serta tidak memihak yang pada akhirnya akan merugikan salah satu pihak yang berkepentingan. Auditor yang profesional akan merencanakan audit sebaik-baiknya, mempertimbangkan risiko yang timbul dan melakukan pengumpulan serta pengujian bukti secara cermat. Jika seluruh proses dilalui sesuai dengan standar, maka hampir dapat dipastikan bahwa Laporan Hasil Audit yang dihasilkan akan dapat dipertanggungjawabkan secara profesi.

Saran berikut ini diharapkan dapat menjadikan seseorang dapat menjadi auditor yang profesional:

1) Memupuk sejak dini sifat/sikap positif, seperti jujur, rasa ingin tahu yang tinggi, tidak cepat merasa puas dan etika yang tinggi.

2) Pendidikan formal berkelanjutan, terutama untuk mendapatkan konsep-konsep dasar akuntansi dan auditing.

3) Pendidikan dan latihan profesi berkelanjutan untuk memperoleh sertifikat auditor dan mengembangkan kemampuan teknis dan komunikasi serta pengetahuan mengenai isu terkini di bidang akuntansi dan auditing

the big four

Auditor Empat Besar (The Big Four Auditors) adalah kelompok empat firma jasa professional dan akuntansi internasional terbesar, yang menangani mayoritas pekerjaan audit untuk perusahaan publik maupun perusahaan tertutup. Auditor Empat Besar adalah sebagai berikut, dengan data terakhirnya:
Firma Pendapatan Karyawan Tahun Fiskal
PricewaterhouseCooper [1] $28.2 miliar 146.700 2008
Deloitte Touche Tohmatsu [2] $27.4 miliar 165.000 2008
Ernst & Young [3] $24.5 miliar 130.000 2008
KPMG [4] $19.8 miliar 123.000 2007
Kelompok ini sempat dikenal sebagai "Delapan Besar", dan berkurang menjadi "Lima Besar" melalui serangkaian kegiatan merger. Lima Besar menjadi Empat Besar setelah keruntuhan Arthur Andersen pada 2002, karena keterlibatannya dalam Skandal Enron..
1. PricewaterhouseCoopers
PricewaterhouseCoopers (PwC) adalah kantor jasa professional terbesar di dunia saat ini. Kantor ini dibentuk pada tahun 1998 dari penggabungan usaha antara Price Waterhouse dan Coopers & Lybrand. PwC adalah yang terbesar di antara the Big Four auditors, yang lainnya adalah Deloitte, Ernst & Young dan KPMG.
Jenis : Partnership
Industri : Akuntansi, Jasa Professional, Perpajakan, Konsultansi
Didirikan : 1849 (nama yang sekarang digunakan sejak 1998)
Kantor Pusat : Kantor pusat di New York City
Tokoh Penting: Pimpinan Samuel A. DiPiazza Jr
Produk : Jasa Profesional
Pendapatan : 20.3 miliar dolar AS (2005) [1]
Karyawan : 130.000
Situs web : www.pwc.com

sejarah
Kantor ini dibentuk dengan adanya penggabungan usaha dari dua kantor besar yaitu Price Waterhouse dan Coopers & Lybrand. Kedua kantor ini memiliki sejarah panjang sejak abad ke-19.
Price Waterhouse
Samuel Price, seorang akuntan, mulai praktek di London pada tahun 1849. Dalam tahun 1865 Price membuat persekutuan dengan William Holyland dan Edwin Waterhouse. Sejak tahun 1874 kantor ini kemudian dikenal dengan nama Price, Waterhouse & Co. Holyland akhirnya meninggalkan persekutuan itu dan kemudian huruf '& Co' dan koma dihilangkan dari nama kantor tersebut. Di akhir tahun 1800-an, Price Waterhouse mendapat pengakuan sebagai suatu kantor akuntan publik tepercaya. Dengan berkembangnya perdagangan antara Britania Rayadan Amerika Serikat, Price Waterhouse kemudian membuka kantornya di New York dalam tahun 1890, yang kemudian kantor di Amerika ini berkembang dengan sangat pesatnya. Kantor asalnya di Inggris juga membuka banyak kantor di negara-negara Persemakmuran Inggris. Setiap kali mendirikan persekutuan terpisah di setiap negara, setiap sekutu yang diberikan insentif yang baik untuk meluaskan praktek lokalnya. Jadi kegiatan PW di seluruh dunia merupakan suatu gabungan kantor-kantor lokal yang berkembang secara alamiah dibandingkan dengan merupakan hasil dari penggabungan usaha internasional.
Coopers & Lybrand
Seperti PW, Coopers & Lybrand juga didirikan dalam abad kesembilanbelas. Dalam tahun 1854 William Cooper mulai berpraktek di London, yang tujuh tahun kemudian berganti nama menjadi Cooper Brothers saat ketiga saudaranya bergabung. Di Amerika Serikat dalam tahun 1898 Robert H. Montgomery, William M. Lybrand, Adam A. Ross Jr. dan kakaknya T. Edward Ross mendirikan Lybrand, Ross Brothers and Montgomery. Coopers & Lybrand merupakan hasil penggabungan antara Cooper Brothers & Co; Lybrand, Ross Bros & Montgomery dan sebuah kantor dari Kanada McDonald, Currie and Co. dalam tahun 1957. Dalam tahun 1990 Coopers & Lybrand bergabung dengan Deloitte Haskins & Sells di Britania Raya, namun sebagian dari Deloitte bergabung dengan Touche Ross dan membentuk Deloitte Touche Tohmatsu.
Untuk menambah pembentukan kantor di berbagai ibukota utama dunia, seringkali PW atau Cooper menggabungkan diri dengan kantor akuntan lokal. Dengan cara ini terbentuklah kantor-kantor di tiap negara dan menggelembungkan jumlah kantornya agar bisa menawarkan jasanya dimanapun mereka berada. Pertumbuhan juga dirasakan dengan bertambahnya kebutuhan audit khususnya setelah Depresi Hebat dalam tahun 1920-an dan 1930-an dan juga dengan bertambah kompleksnya perpajakan.
Sebagai kelanjutan usahanya dalam memperoleh skala ekonomis, PW dan Arthur Andersen pernah membicarakan suatu penggabungan dalam tahun 1989, namun akhirnya negosiasi ini gagal terutama karena adanya konflik kepentingan contohnya keterkaitan bisnis Andersen dengan IBM padahal PW mengaudit IBM. Dalam tahun 1998 Price Waterhouse dan Coopers & Lybrand bergabung dan membentuk PricewaterhouseCoopers. Tahun berikutnya, pembicaraan untuk menggabungkan PwC dengan Grant Thornton gagal. Oleh karena berkurangnya jumlah kantor-kantor besar, sepertinya otoritas pengatur kompetisi akan sulit meluluskan ijin penggabungan usaha.
Struktur dan jenis jasa
Bentuk hukum suatu persekutuan sangat berbeda dengan suatu perusahaan dan sebenarnya secara global kantor ini merupakan gabungan dari kantor-kantor anggota yang mempunyai otonomi sendiri dalam masing-masing jurisdiksi negaranya masing-masing. Rekan senior dari kantor-kantor anggota duduk dalam suatu jajaran direksi yang merupakan payung organisasi yang dinamakan PricewaterhouseCoopers International Limited, suatu perusahaan yang di Britania Raya yang melakukan koordinasi. Saat ini, secara global dipimpin oleh Samuel A. DiPiazza Jr, (52 tahun), seorang rekan ex-Coopers & Lybrand.
PricewaterhouseCoopers memberikan bidang jasa di banyak negara di antaranya:
• Audit dan Atestasi
• Perpajakan, (perencanaan dan kepatuhan terhadap peraturan perpajakan)
• Konsultansi, termasuk pemantapan kinerja, transaksi dan penggabungan usaha serta akuisisi, dan manajemen krisis dalam berbagai area spesialisasi seperti jasa konsultansi akuntansi dan aktuarial
Daftar klien
Sekitar 82% dari penghasilan tahunan PwC disumbang oleh Eropa dan Amerika Utara, Eropa sendiri mencatat sebesar 45%. Jasa yang paling dominan adalah Audit dan Atestasi, yang menyumbang lebih dari 50% pendapatan PwC.
Pada Maret 2005, klien audit PricewaterhouseCoopers termasuk empat dari sepuluh perusahaan publik terbesar di Amerika Serikat (ExxonMobil, Ford Motor Company ChevronTexaco dan IBM). PwC juga mengaudit empat dari sepuluh perusahaan terbesar di Britania Raya (GlaxoSmithKline, Royal Dutch Shell, Barclays dan Lloyds TSB).
Klien besar PwC lain di antaranya American International Group, Freddie Mac, Bank of America, JP Morgan Chase, Tesco, Unilever, dan Academy of Motion Picture Arts and Sciences, yang melakukan tabulasi pemungutan suara untuk Academy Awards.
2. Deloitte Touche Tohmatsu
Jenis : Swasta
Industri : Jasa Profesional
Didirikan : London, Britania Raya (1895)
Kantor pusat : New York City, New York
Tokoh penting : Pimpinan : William G. Parrett
Ketua : Piet Hoogendoorn
Produk: Audit, Perpajakan, Konsultansi, Jasa risiko korporasi, Penasehat keuangan.
Pendapatan: 18,2 miliar dollar Amerika Serikat (2005)
Karyawan : 121,283 (2005)
Situs web: www.deloitte.com
sejarah
Deloitte Touche Tohmatsu (juga terkenal dengan merek Deloitte) adalah urutan kedua terbesar di dunia dalam bidang jasa profesional setelah PricewaterhouseCoopers dan merupakan anggota dari the Big Four auditors, sebuah kelompok kantor akuntan internasional terbesar di dunia. Dalam tahun 2004, dengan 16,4 miliar dolar Amerika Serikat, mereka merupakan yang terbesar di antara the Big Four auditors dalam hal penghasilan. Sebagai tambahan dari jasa akuntansi, Deloitte adalah satu dari kantor penasehat bisnis yang terbesar di dunia yang menawarkan jasa manajemen strategik dan operasional pada perusahaan-perusahaan dalam Fortune 500.
Sebelumnya, kantor ini dikenal dengan nama Deloitte & Touche yang terbentuk karena bergabungnya Touche Ross dan Deloitte Haskins & Sells (di luar Kerajaan Inggris) pada tahun 1990. Dalam tahun 1993, kantor internasional mengubah namanya menjadi Deloitte Touche Tohmatsu, nama yang ketiga berasal dari kantor Tohmatsu & Co, yang bergabung dengan Touche Ross dalam tahun 1975. Nama kantor ini merupakan gabungan nama William Welch Deloitte, George Touche, dan Panglima Nobuzo Tohmatsu. Nama Deloitte adalah nama tertua yang terus-menerus digunakan dalam profesi akuntansi. Deloitte Touche Tohmatsu berbentuk hukum Swiss Verein, suatu organisasi keanggotaan berdasarkan Undang-undang Sipil Swiss (Swiss Civil Code) dimana setiap anggotanya merupakan badan hukum tersendiri dan independen. Kantor pusat globalnya berkedudukan di Manhattan, New York.
Menurut website-nya, sampai tahun 2004, Deloitte mempekerjakan 115.000 profesional pada hampir 150 negara, menawarkan jasa audit, perpajakan, konsultansi dan penasehat keuangan kepada lebih dari separuh jumlah perusahaan terbesar di dunia.
Deloitte di Indonesia di wakili oleh Osman Bing Satrio dan Rekan, juga didukung oleh PT. Deloitte Konsultan Indonesia dan Deloitte Tax Service.

3. Ernst & Young
Ernst & Young merupakan perusahaan global yang terdiri dari sejumlah perusahaan anggota. EY Global bermarkas di London, EY AS di New York, dan EY Indonesia di Jakarta.
Jenis : Perusahaan anggota mempunyai bentuk legal yang bervariasi, AS dan Britania: Limited Liability Partnership
Industri : Jasa professional
Didirikan : 1989; komponen individual dari 1849
Kantor pusat : London, Inggris, Britania Raya
Tokoh penting : James S. Turley, Direktur dan CEO
Produk : Audit, Perpajakan, Konsultasi.
Pendapatan : 24.523 juta Dolar AS (2008)
Karyawan : 135.730 (Global)
Divisi : Assurance, Tax, Transactions, Advisory (Lihat di bawah)
Situs web : www.ey.com

Sejarah
Pada tahun 1903, perusahaan Ernst & Ernst didirikan di Cleveland oleh Alwin dan Theodore Ernst. Pada tahun 1906, Arthur Young & Company didirikan di Chicago oleh Arthur Young.
Pada awal tahun 1924, perusahaan-perusahaan AS tersebut beraliansi dengan perusahaan dari Britania Raya, Young dengan Broad Paterson & Co, dan Ernst dengan Whinney, Smith & Whinney. Pada 1979, Ernst & Whinney terbentuk dan menjadi firma akuntansi keempat terbesar di dunia. Pada tahun 1989, peringkat empat bergabung dengan peringkat lima, Arthur Young, sehingga tercipta Ernst & Young ("EY").
Indonesia
Di Indonesia, EY berafiliasi dengan Kantor Akuntan Publik Purwanton, Suherman & Surja (PSS). Klien utama Ernst & Young antara lain Pertamina, Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), PT Krakatau Steel & Group, Coca Cola Bottling Indonesia & Indosat
Struktur global
Setiap negara anggota EY dikelola sebagai bagian dari salah satu dari lima wilayah:
• Eropa, Timur Tengah, India & Afrika (EMEIA)
• Amerika
• Timur Jauh
• Oseania
• Jepang
Setiap wilayah memiliki sebuah tim manajemen tunggal, dipimpin oleh seorang Area Managing Partner yang duduk dalam Dewan Eksekutif Global (Global Executive Board). Seluruh wilayah mengintegrasikan model bisnis mereka.
Lini jasa dan pertumbuhan
EY memiliki empat lini jasa utama:
• Assurance, yaitu audit keuangan (assurance pokok) yang menyumbangkan 54% dari total pendapatan pada 2007.
• Tax, meliputi Business Tax Compliance, Human Capital, Indirect Tax, International Tax Services, Tax Accounting & Risk Advisory Services, dan Transaction Tax, dengan kontribusi pendapatan pada 2007 sebesar 22%.
• Transactions meliputi due diligence komersial, keuangan, real estat, dan pajak, merger & akuisisi, penilaian & pemodelan bisnis, restrukturisasi korporasi, dan jasa integrasi. Dikenal sebagai Transaction Advisory Services (TAS).
• Advisory, meliputi Technology and Security Risk Services (TSRS), Fraud Investigation and Dispute Services (FIDS), dan Business Risk Services (BRS). Sebelumnya lini jasa ini disatukan dengan Assurance dalam Assurance and Advisory Business Services (AABS). Lini jasa ini menyumbangkan 12% pendapatan pada 2007.
Bisnis jasa konsultasi EY berkembang sangat pesat selama tahun 1980-an dan 1990-an. Oleh karenanya U.S. Securities and Exchange Commission (Bapepam Amerika Serikat) dan anggota komunitas investasi sangat mengkhawatirkan kemungkinan terjadinya konflik kepentingan antara jasa konsultasi dan audit. Namun demikian, EY adalah yang pertama dari the Big Four auditors yang kemudian secara resmi melakukan pemisahan secara penuh atas kegiatan bisnis sistem integrasi dan praktek auditnya.
Klien audit global besar
Ernst & Young adalah auditor dari banyak perusahaan utama di Fortune 1000 seperti AOL Time Warner, Wal-Mart, Amazon.com, 3M, Oracle, McDonald’s, Google, Intel, Hewlett-P


4. KPMG
KPMG adalah salah satu perusahaan jasa profesional terbesar di dunia. KPMG mempekerjakan 104.000 orang dalam partnership global menyebar di 144 negara. Pendapatan komposit dari anggota KPMG pada 2005 adalah US$15,7 milyar. KPMG memiliki tiga jalur layanan: audit, pajak, dan penasehat. KPMG adalah salah satu anggota the Big Four auditors, bersama dengan PricewaterhouseCoopers, Ernst & Young dan Deloitte.
Jenis : Swiss Verein
Industri : Jasa professional
Didirikan : 1987; komponen individual sejak 1870
Kantor pusat : Amsterdam, Belanda
Produk : Audit, Pajak, Penaseha
Pendapatan : 15.7 miliar dolar AS (2005)
Karyawan : 104.000
Situs web : www.kpmg.com
Setiap perusahaan nasional KPMG adalah sebuah badan legal independen dan merupakan anggota dari KPMG internasional, perusahaan Swiss Verein yang bermarkas besar di Belanda. Pada awal 2005, perusahaan anggotanya di AS, KPMG LLP, dituduh oleh Departemen Kehakiman Amerika Serikat atas penipuan dalam memasarkan perlindungan pajak yang menyimpang dari hukum. Dalam suatu kesepakatan, KPMG LLP mengakui telah berbuat kejahatan dengan menciptakan perlindungan pajak palsu untuk menolong klien-kliennya yang kaya untuk menghindari pajak sebesar $2.5 milyar dan setuju untuk membayar hukuman denda sebesar $456 juta. KPMG LLP tidak akan menghadapi tuntutan hukum atas perbuatan kriminal ini selama ia setuju dengan syarat-syarat dalam kesepakatan dengan pemerintah.
KPMG International dipimpin oleh Michael D.V. Rake, Ketua, Mitra Senior KPMG di Britania Raya; Michael P. Wareing, CEO, Mitra KPMG di Britania Raya; John B. Harrison, Ketua-Wilayah Asia Pasifik, Mitra KPMG di RRT dan Hong Kong; Timothy P. Flynn, Ketua-Wilayah Amerika, Ketua KPMG di Amerika Serikat; Ben van der Veer, Ketua-Wilayah Eropa, Timur Tengah dan Afrika, Ketua KPMG di Belanda.
KPMG Indonesia
Di Indonesia, KPMG memiliki partner lokal yaitu KAP Siddharta & Widjaja yang dipimpin oleh Tohana Widjaja
(sumber: Wikipedia bahasa Indonesia)